Cara Merawat Ikan Hias di Akuarium Air Tawar

by Maryam Siti , at Saturday, January 15, 2022 , has 0 comments

Cara gampang merawat ikan hias di akuarium air tawar terutama ikan Arwana menjadi kebanggaan tersendiri bagi pecinta ikan karena kalau belum menemukan ciri bagaimana merawatnya maka ikan tersebut akan stres.

Merawat ikan hias di akuarium harus di setting sedemikan hingga seperti di alam ikan sesungguhnya agar ikan arwana tersebut terasa nyaman dan aman, sehingga kehiudpan mereka akan tenang dan merasakan kehidupan sebenarnya walaupun ditempatkan dalam akuarium, seperti filter ikan, oksigen, tanaman dan sebagainya.

Merawat-Ikan-Hias-Arwana-dalam-Akuarium-Air-Tawar

Cara Mudah Merawat Ikan Hias ikan arwana di dalam akuarium.

Perlengkapan Akuarium
Perlengkapan yang cukup untuk akuarium ikan arwana bisa memberikan rasa nyaman bagi ikan arwana kamu. Oleh karena itu, kamu perlu menyediakan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan-perlengkapan tersebut antara lain:
Aerator
Aerator atau pompa udara berfungsi untuk memberikan udara ke dalam akuarium dan membuang udara sisa pernafasan ikan ke luar akuarium. Aerator yang bagus adalah aerator yang mampu mengeluarkan banyak udara, tetapi membutuhkan aliran listrik yang sedikit.
Heater dan Thermometer
Heater atau alat pemanas digunakan saat suhu airnya dingin, sedangkan  thermometer berfungsi untuk melihat kondisi suhu pada air. Suhu yang ideal untuk air akuarium antara 25-27 Drajat Celsius.
Filter
Filter atau penyaring air berfungsi untuk menyaring air agar selalu bersih. Jika tidak menggunakan filter, kamu akan repot untuk membersihkan dan mengganti air pada akuarium.
Lampu TL
Lampu TL berfungsi untuk menerangi akuarium sekaligus mempercantik akuarium. Namun, penggunaan lampu TL perlu diperhatikan. Karena lampu TL menghasilkan suhu panas yang dapat mempengaruhi kondisi air pada akuarium. Lampu TL yang ideal untuk akuarium berukuran 80 X 40 cm adalah 20 watt.
Pengontrolan Akuarium
Hal yang perlu untuk dilakukan pengontrolan adalah suhu air, ph air, dan kebersihan air. Pengontrolan suhu air harus dilakukan setiap hari. Gunakan thermometer untuk mengetahui kondisi suhu pada air. Jika suhu air akuarium kamu dingin, maka segera nyalakan heater hingga suhu udara kembali normal. Sedangkan, ph air yang normal untuk akuarium sekitar 6-8,5. Jika ph air mengalami penurunan, maka berikan kapur ke dalam akuarium. Selain itu, perhatikan pula sanitasi air. Berikanlah malachite green 3 minggu sekali.
Pengontrolan air juga sangat penting untuk dilakukan. Biasanya, hal yang sering dilupakan oleh para pecinta ikan arwana adalah mengganti air pada akuarium. Buatlah jadwal untuk mengganti air pada akuarium agar tetap terjaga kebersihannya. Penggantian air bisa dijadwalkan dengan menggunakan dua cara. Cara pertama, air akuarium diganti dua hari sekali dengan volume 10% saja dari keseluruhan air yang ada di akuarium. Cara kedua, air akuarium diganti semuanya dalam waktu tiga bulan sekali. Jika kamu menggunakan air PDAM, air sebaiknya dibiarkan terlebih dahulu selama 24 jam agar khor mengendap.
Penataan Interior Akuarium
Ikan arwana pada dasarnya hidup di alam bebas, seperti sungai dan danau. Oleh karena itu, jika ingin memelihara ikan arwana di dalam akuarium, buatlah akuarium kamu seperti lingkungan yang ada di habitat asli ikan arwana agar ikan arwana kamu nyaman dan tidak stress. Berikut merupakan replika yang diperlukan agar akuarium kamu mirip dengan lingkungan yang ada di habitat asli ikan arwana.
Tanaman Air
Ikan arwana biasanya suka bersembunyi di tanaman air jika berada di habitat aslinya. Oleh karena itu, sediakan tanaman air jika kamu ingin merawat ikan arwana di dalam akuarium.
Pasir Batuan
Pasir berfungsi untuk landasan peletakan batuan. Pasir yang baik untuk akuarium adalah pasir sungai yang masih tercampur dengan humus. Tambahkan juga krikil berwarna dengan ukuran sekitar 3 mm.

Merawat ikan di dalam akuarium gampang-gampang susah. Dikatakan gampang jika kita tahu cara untuk merawat ikan arwana di dalam akuarium. Namun, hal ini dikatakan susah jika kita tidak tahu cara untuk merawat ikan arwana di dalam akuarium. Oleh karena itu, perlu mempelajari terlebih dahulu cara untuk merawat ikan arwana di dalam akuarium.

Tentang ikan Arwana: Jenis Ikan Hias Arwana Terbaru dan Menarik

Jadi meski dalam akuarium ikan hias jenis arwana ini akan tetap indah dan tetap bisa hidup seperti di air tawar bebas sebagaimana merawat ikan hias ikan hias yang lain yang tumbuh dengan baik dan menjadi pemandangan indah di akuarium di rumah kita.

Cara Merawat Ikan Hias di Akuarium Air Tawar
About
Cara Merawat Ikan Hias di Akuarium Air Tawar
Written by: Maryam Siti, published at: Saturday, January 15, 2022, Rating: 4.5
Tags: Akuarium Ikan, Ikan Air Tawar, Ikan Arwana, Ikan Hias . And has 0 comments
Previous Newer Post
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Dunia Kolam Ikan by
Copyright ©2013 All Right Reserved
Redesign by IdSD - Published by ExpoT
Powered by Blogger
-->