Alat Budidaya Ikan Guppy

by Siti Maryam , at Wednesday, May 04, 2022 , has 0 comments

Alat-alat pembudidayaan Ikan Guppy air tawar sangtlah mudah yang tak sesulit yang dibayangkan meski ikan jenis kecil dengan ekor besar ini terlihat cantik dan imut, mulai dari warna dan corak, hingga modelnya yang aneh.
Guppy yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Masuk ke Indonesia pada tahun 1920 sebagai ikan akuarium. Lalu pergi ke alam liar dan berkembang biak dengan cepat. Ikan Guppy dapat ditemukan di hampir semua air tawar di Indonesia.

Jenis Jenis Ikan Guppy dan Harganya sebelumnya juga sudah diposting dalam blog Dunia Kolam Ikan diman bisa menjadi pertimbangan kenapa harus melakukan pembudidayaan ikan hias, salah satunya harganya juga tergolong mahal.

Guppy Ikan populer sebagai ikan akuarium karena keindahan warna dan bentuk sirip. Terutama ikan jantan, karena hanya jantan yang memiliki sirip yang indah. Sedangkan ikan betina cenderung tikar dan kusam. Sama seperti ikan cupang.
Budidaya ikan Guppy tidak memerlukan infrastruktur yang mahal. Cukup dengan peralatan sederhana, kita dapat melakukan perkembangbiakan ikan ini.

Banyak penggemar sudah mulai melakukan budidaya ikan guppy hanya untuk bersenang-senang, dan sekarang telah menemukan jati diri mereka dan benar-benar terpesona akan keindahan ikan guppy, melalui pembiakan selektif, mereka telah mengembangkan berbagai ikan mewah dan benar-benar unik.

Model-ikan-Guppy-di-AkuariumModel-ikan-Guppy-di-Akuarium2Model-ikan-Guppy-di-Akuarium3

Peralatan budidaya ikan guppy

Berikut adalah peralatan yang dibutuhkan untuk budidaya ikan guppy, antara lain :

  1. Wadah / tempat,
  2. Aerator
  3. Tanaman air.

Wadah untuk akuarium pemijahan ikan guppy bisa, seperti semen, atau bak plastik dan akuarium kaca.
Wadah atau tempat yang diperlukan untuk budidaya ikan guppy setidaknya empat fungsi, yaitu :

  1. Pemisahan indukan 2 tempat,
  2. Pemijahan 1 tempat dilakunya perkawinan,
  3. Penetasan 1 tempat untuk penetasan,
  4. Pembibitan 1 peliharaan larva.
  5. Ukuran luas wadah dapat bervariasi budidaya ikan guppy, disesuaikan dengan jumlah ikan yang akan dibudidayakan. Sedangkan ketinggian wadah minimal 30 cm, kecuali untuk tempat pembibitandiperlukan lebih tinggi dari 50 cm.

Untuk langkah langkah pembudidayaan ikan Guppy bisa disimak apad artikel sebelumnya yakni Cara Mudah Budidaya Ikan Guppy. Meski di air tawar ikan hias ini juga perlu perhatian biar ia terlihat indah dan modern.

Alat Budidaya Ikan Guppy
About
Alat Budidaya Ikan Guppy
Written by: Siti Maryam, published at: Wednesday, May 04, 2022, Rating: 4.5
Tags: Ikan Air Tawar, Ikan Guppy, Ikan Hias, Makanan Ikan . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Dunia Kolam Ikan by
Copyright ©2013 All Right Reserved
Redesign by IdSD - Published by ExpoT
Powered by Blogger
-->