Cara Sederhana Budidaya Ikan Louhan di Akuarium

by Maryam Siti , at Sunday, May 08, 2022 , has 0 comments

Cara Mudah Budidaya atau Beternak Ikan Lauhan di Akuarium – Khusus yang ingin mengembangbiakan ikan louhan bisa menyimak tulisan sederhana namun sangat bermanfaat untuk referensi bagaimana cara membudidayakan ikan lauhan di akuarium.

Budidaya ikan hias ikan louhan sebenarnya sama dengan ikan tawar cara beternaknya atau pengembangbiakannya. Jadi tak usah risau, asal kita sudah mengetahui apa makanan ikan tersebut dan bagaimana perilaku keseharian ikan tersebut. dan kelebihannya ikan ini merupakan salah satu ikan termahal di dunia.

Ikan laouhan yang mempunyai batok nonong tersebut perlu dipisahkan dengan ikan-ikan yang lain yang siap dibudidayakan agar harga anakan ikan louhan yang bagus tentunya mempunyai harga ikan yang mahal di kemudian hari ketika mau dijual.

cara-budidaya-dan-memelihara-ikan-louhan

Cara pembudidayaan ikan Louhan di Air Akuarium

Menyediakan Akuarium dan Perlengkapannya
Hal pertama yang perlu kita lakukan dalam beternak ikan louhan adalah menyiapkan akuarium dan perlengkapan lainnya. Kita harus menyediakan akuarium yang memiliki ukuran sekitar 40 cm untuk lebarnya, 70 cm untuk panjangnya, dan 40 cm untuk tingginya. Namun, jika ada akuarium yang panjangnya sekitar 1 meter, itu lebih baik. Setelah itu, kita juga harus menyediakan berbagai perlengkapan akuarium untuk ikan louhan. Selain itu, kita juga harus menyediakan sekat kaca yang dipasang di tengah-tengah akuarium. Sekat kaca ini berfungsi untuk menghindari agar ikan louhan tidak berkelahi. Karena ikan louhan memiliki kebiasaan mempertahankan wilayahnya.
Air Akuarium Ikan Lohan
Masalah yang perlu diperhatikan adalah masalah tentang air untuk akuarium. Karena setiap daerah memiliki kadar ph yang berbeda-beda. Untuk itu, kita bisa menyiasatinya dengan cara mengendapkan air terlebih dahulu selama beberapa jam sebelum air dimasukkan di dalam akuarium. Cara ini berfungsi untuk mengurangi kadar ph yang terkandung dalam air. Selain itu, kita juga dapat menambahkan garam yang khusus untuk ikan (garam ini biasanya banyak dijual di toko ikan hias).
Makanan Untuk Ikan Louhan
Ikan yang akan diternakkan perlu diperhatikan makanannya, terutama pada saat 2 minggu sebelum ikan louhan mulai diternakkan. Hal ini bertujuan agar ikan louhan mampu menghasilkan bibit-bibit yang berkualitas.
Usahakan pakan yang akan diberikan ke ikan louhan merupakan pakan alami yang mengandung banyak protein dan gizi, seperti cacing, jangkrik, udang, dan lainnya. Jangan memberikan ikan louhan makanan buatan saat ikan louhan akan diternakkan. Karena makanan buatan seperti pelet biasanya mengandung pewarna yang dapat mempengaruhi kesuburan ikan louhan.
Memilih Indukan yang Berkualitas
Pemilihan indukan yang akan diternakan sangat mempengaruhi kualitas anakan ikan. Jika indukan ikan louhan memiliki kualitas yang baik, kemungkinan besar anakan ikan nantinya akan memiliki kualitas yang baik pula, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, kita perlu memilih indukan yang memiliki kualitas terbaik. Selain itu, pilihlah jenis ikan louhan yang memiliki harga cukup mahal di pasaran agar kita mendapatkan keuntungan yang besar jika kita berniat menjual hasil ternak.
Menjodohkan Ikan Louhan
Setelah perlengkapan dan ikan dipilih, kita saatnya menjodohkan ikan louhan. Masukkan ikan louhan di dalam akuarium yang sama. Namun, akuarium masih dibatasi dengan sekat kaca di bagian tengahnya. Amatilah gerak-gerik kedua ikan louhan tersebut. Jika ikan louhan bertengkar, jangan membuka sekat kacanya terlebih dahulu hingga keduanya saling mengenal. Jika kedua ikan louhan sudah saling mengenal dan akrab, saatnya sekat kaca bisa dibuka.
Ikan Louhan Mengeluarkan Telurnya
Setelah ikan louhan berbulan madu, biasanya sekitar 1-2 hari kemudian, dasar akuarium akan dipenuhi oleh telur ikan. Telur yang memiliki warna putih susu merupakan telur yang gagal dibuahi. Sedangkan, telur yang memiliki warna bening dan terdapat bintik-bintik spot hitam merupakan telur yang berhasil dibuahi.
Kedua induk akan berusaha menjaga telurnya dengan cara mengipas-ngipasi telurnya dengan sirip dengan tujuan memberikan sirkulasi udara pada telur. Pada tahap ini, biarkan kedua ikan tetap di dalam satu akuarium berserta telurnya. Berikanlah makanan yang banyak. Karena ikan louhan akan memakan telurnya jika tidak ada makanan.
Semua telur akan menetas sekitar 48 jam setelah telur dikeluarkan dari perut ikan louhan betina. Setelah telur-telur tersebut menetas, saatnya kita memisahkan anakan ikan louhan dengan induknya agar tidak terjadi suatu hal yang tidak kita inginkan.

Jika tertarik anda juga bisamencoba Alat Budidaya Ikan Guppy yang merupakan salah satu ikan hias air tawar yang unik dan menarik.

Demikian cara sederhana cara budidaya ikan Louhan beserta merawatnya sehingga anakan ikan Louhan siap di jual kembali dengan harga sesuai di pasaran yang masih mahal.

Cara Sederhana Budidaya Ikan Louhan di Akuarium
About
Cara Sederhana Budidaya Ikan Louhan di Akuarium
Written by: Maryam Siti, published at: Sunday, May 08, 2022, Rating: 4.5
Tags: Akuarium Ikan, Budidaya Ikan, Ikan Louhan . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Dunia Kolam Ikan by
Copyright ©2013 All Right Reserved
Redesign by IdSD - Published by ExpoT
Powered by Blogger
-->